Kominfo News :
Home » , , » Ziarah Rohani – Cigugur Kuningan

Ziarah Rohani – Cigugur Kuningan

Written By Paroki St. Laurentius Bandung on Wednesday, September 5, 2012 | 10:20 PM





Oleh: Eka Pudjapriyatna 

(Lingkungan 17, St. Thomas)

Di penghujung kepengurusan periode 2009 – 2012, Lingkungan 17 St. Thomas Sarijadi mengadakan ziarah ke Gua Maria Cigugur Kuningan. Kegiatan yang sudah lama ditunggu-tunggu ini akhirnya terwujud juga. Selain diikuti oleh warga Lingkungan 17, perjalanan batin ini juga diikuti oleh umat di luar Lingkungan dalam Wilayah VI Sarijadi, sehingga lebih meriah dan kebersamaan sebagai keluarga besar sungguh dirasakan. Selain untuk meningkatkan keimanan terhadap Tuhan melalui devosi kepada Bunda Maria, kegiatan ini juga untuk refreshing dan sebagai ajang silaturahmi antar umat Lingkungan, khususnya bagi yang jarang bertemu.

Minggu, 01 Juli yang sejuk dingin, dengan menggunakan 2 buah bus kecil, lebih dari 50 umat yang terdiri atas anak-anak, orang muda, bapak-ibu, dan opa-oma, berangkat menunju Kuningan. Perjalanan yang mengasyikkan, karena bisa melihat pemandangan di luar kota yang indah dan sejuk segar. Meski berjalan dengan kecepatan rendah, akhirnya rombongan ini tiba di Cigugur pada pukul 11.00. Setelah rehat sejenak, kami langsung melakukan jalan salib, dipimpin oleh Bpk. Robert Suryatno.

Perjalanan terjal pun kami mulai. Perhentian demi perhentian kami lalui dengan perlahan dan pasti. Suasana sepi, udara yang sejuk, serta suara angin yang menggesekkan dahan dan dedaunan menambah kekhusukan kami dalam berdoa dan mengenangkan sengsara Tuhan Yesus.
(Terimakasih Tuhan, Engkau telah membuat alam yang indah dan segar ini untuk kami nikmati. Ampuni kami jika seringkali kami merusak alam ciptaanMu).

Meskipun perjalanan di bukit yang cukup panjang dan terjal, namun tidak begitu terasa melelahkan karena kami memperoleh kekuatan dari Sang Pencipta beserta alam ciptaanNya. 

Setelah jalan salib, kami pun mengadakan Misa Syukur yang dipimpin oleh Romo Markus Handi. Sungguh merupakan ziarah yang sempurna karena kami pun masih menikmati santapan rohani.  Seperti yang sudah diduga, setelah misa selesai kami semua tidak sabar untuk foto bersama (narcis.com). Wajah-wajah yang memancarkan keceriaan menunjukkan bahwa kami menikmati perjalanan batin ini.

Selesai misa dan foto bersama, kami menuruni bukit sambil mampir di warung-warung yang menjajakan berbagai makanan khas Kuningan. Kegembiraan dan kelegaan pun nampak di wajah para peserta.

Perut mulai terasa lapar, dan kami segera kembali ke bus dan selanjutnya ke tempat Gereja bawah. Di sana santapan jasmani yang kami butuhkan sudah menunggu untuk dinikmati. Perjamuan makan bersama semakin menambah kebersamaan dan keakraban kami. (Terimakasih Bapa, Engkau sungguh baik. Di saat kami lapar Engkau telah siapkan makanan bagi kami. Berkatilah juga saudara-saudara yang telah menyiapkannya).

Akhirnya, waktu jualah yang memaksa kami untuk segera meninggalkan Kuningan dan harus kembali ke Bandung. Wajah-wajah yang lelah pun tak bisa disembunyikan lagi, maka di sepanjang perjalanan tidak banyak suara. Sampai di Bandung sekitar pukul 22.00. Perjalanan yang cukup panjang memang, namun kami bangga, kami bahagia.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini adalah:
•   Bisa mengenangkan sengsara Tuhan Yesus, yang diharapkan bisa meningkatkan keimanan umat.
•   Rasa persaudaraan lebih meningkat.
•   Lebih bisa mengenal satu sama lain bagi umat yang jarang bertemu.
•  Memberikan pengalaman baru. Ternyata banyak yang belum pernah ke gua Maria Cigugur ini,   termasuk yang menulis artikel ini.
•  Memberi semangat baru dalam melayani satu sama lain, baik sebagai pengurus lingkungan maupun yang tidak.

Sampai ketemu kembali di perjalanan yang berikutnya, dengan pengurus Lingkungan yang baru yang dipimpin oleh Bapak Tri Susanto, pasti lebih seru!
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Paroki St. Laurentius Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger