Kominfo News :
Home » » Keramatnya Angka 9 dalam Doa Novena

Keramatnya Angka 9 dalam Doa Novena

Written By Paroki St. Laurentius Bandung on Thursday, October 11, 2012 | 7:31 PM


Doa Novena sebagai salah satu bentuk Devosi dalam Gereja Katolik menjadi sangat populer bagi umat Katolik.. Hampir semua tau doa Novena, Doa 9X, selama 9 hari berturut-turut di jam yang sama untuk "memohon" suatu rahmat dan keperluan tertentu.. Tradisi berdoa Novena ini memang sudah ada sejak jaman Gereja Perdana, yakni ketika Para Rasul bersama dengan Maria berdoa menantikan datangnya Roh Kudus..

Akan tetapi dewasa ini, banyak umat Katolik menjadi bingung dengan doa Novena ini.. Angka 9 dalam novena menjadi sesuatu yang "keramat" dan juga menjadi "beban" dalam doa.. Bagaimana seharusnya menyikapi? Berikut beberapa fenomena yg sering terjadi saat berdoa Novena..

1. "Saya berdoa sudah 9X selama 9 hari, tapi doa saya tidak dikabulkan Tuhan".. Bagaimana ini?

*Perlu diketahui bahwa ANGKA 9 dalam NOVENA bukanlah JAMINAN bahwa DOA ANDA PASTI DIKABULKAN TUHAN.. Angka 9 baik jumlah doa maupun hari bahkan di jam yang sama hanyalah SARANA yg dpt membantu anda untuk berdoa dgn lebih tekun dan rajin.. Berdoa lebih sungguh, juga dengan iman, bukan sekedar mengucapkan kata2 doa dalam kertas Novena.. Ingatlah bahwa banyak juga yg berdoa belum 9 hari tnyt sudah dikabulkan Tuhan, dan St. Monika berdoa selama 20 tahun untuk pertobatan anaknya.. Kuncinya doa kita terjawab sesuai dengan "WAKTUNYA TUHAN", bukan waktunya kita dan keinginan kita.. Jangan sampai kitalah yang mengatur Tuhan bahkan memaksa Tuhan utk memberikan apa yg kita minta..

2. Saya berdoa Novena sudah 4 hari, eh hari ke-5 bolong.. atau jam nya ga sama karena ada urusan mendesak.. Bagaimana? saya boleh lanjutkan atau nggak? Atau harus ulang lagi?

*Ketentuan dalam sebuah Devosi (lebih bersifat pribadi) tidak mengikat dan tidak bersifat saklek! Jika novena tiba2 tidak dapat dilanjutkan JANGAN JADIKAN ALASAN tsb untuk TIDAK BERDOA.. Seperti yang dikatakan di atas bahwa pengabulan doa tidak bergantung pada angka 9 dan jam yang sama.. Silakan lanjutkan doa tanpa harus terbeban dgn ketentuan devosi..

3. Dalam devosi tertentu dikatakan harus menyalin novena 9 kali dan jika terkabul harus diumumkan di gereja.. Apakah ini harus dilakukan?

*Lihat saja sisi positifnya.. Jika menyalin novena 9 kali/ atau fotokopi tiap hari dan ditaruh di gereja malah hanya merepotkan, anda dapat meletakkannya setelah novena selesai dilakukan.. Apa gunanya? Menyebarkan novena spy orang lain dapat ikut berdoa. Lalu apa gunanya diumumkan di gereja? Bukan sebuah keharusan, tpi jangan sampai setelah doa kita terjawab kita lupa mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kemurahan hati Tuhan.. Biasanya, setelah doa terkabul sih, kita lupa dan ga berdoa lagi.. :)

Gereja Katolik sudah memberikan banyak SARANA pada kita untuk membantu kita dalam berdoa.. Kita punya TIM DOA yang banyak di surga untuk membantu mendoakan kita,, kenapa kita ga gunakan rahmat ini untuk berdoa dengan lebih baik?? :)

Tuhan memberkati..
Deo Gratias

Sumber: facebook Gereja Katolik
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Paroki St. Laurentius Bandung - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger